Jalan yang Jauh Sudah Saatnya Berpulang

Dok | Pribadi
Foto bersama untuk pertama kalinya saling mengenal (16 januari 2023).

“Setiap petualangan akan menemukan pengalaman, setiap perjalanan menemukan makna kehidupan, dan setiap orang memiliki cerita perjuangan,”. 

Di bawah langit yang terkadang berwana biru banyak cerita yang aku temukan dan dirajut menjadi sketsa-sketsa gugusan masa depan. Dengan rencana Tuhan mempertemukan di bumi Kota Tahu atau di Pare berkesempatan bertemu kalian dari penjuru Indonesia. Kebetulan yang sangat indah, sampai-sampai kata-kata yang tersusun selama ini tidak dapat mewakili perasaan. Di Pare ini, aku betemu dengan tujuan yang sama; belajar.

Tidak terasa aku akan meninggalkan tempat yang mempertemukanku dengan kalian dan kalian satu persatu akan meninggalkannya. Banyak alasan untuk bertahan di sini dan banyak juga alasan untuk kembali pulang. Dari banyaknya alasan adalah melanjutkan mimpi yang sempat tertunda, terlepas apa itu cita-cita dan harapan kedepan, jangan lupa kalau lelah istirahat, tubuh kalian berhak mendapatkan kasih sayang, jangan siksa diri kalian dengan keegoisan. Jangan lupa tetap berjuang juga, sembari merenggangkan kekecewaan yang akan ditemukan.

Dok | Randi
Salah satu potret proses pembelajaran selama ini.

Tidak terasa sudah satu bulan menghabiskan waktu untuk belajar. Sebenarnya datang ke sini memang untuk belajar Bahasa Inggris, namun sepertinya tidak bijak kalau hanya itu tujuannya. Dari pertemuan yang aku alami, aku banyak belajar dari kalian. Meskipun hanya beberapa orang yang mau berbagi, aku tetap belajar dari pertemuan demi pertemuan yang terjalin. Kalian banyak memberikan sudut pandang baru tentang kehidupan, lebih-lebih rasa kepedulian di perantauan atau di kota orang.

Setiap hari-hari bersaman kalian aku catat, mulai dari hal-hal sederhana sampai hal-hal yang aku sendiri bayangkan. Ketika kalian menyapaku, aku merasa nyaman dan bahagia terlepas itu hanya melepaskan kewajiban sebagai manusia. Tetapi itu, membuat aku bertahan selama ini. Momen yang tidak pernah aku lupakan, saat dari kalian memberikan bantuan atas kebingungan-kebingungan materi pembelajaran, padahal kalian belum tentu paham sepenuhnya atau malah kalian juga berusaha untuk paham. Ada beberapa orang yang aku simpan dalam doa-doaku setiap memohon pada pemilik semesta, kalau kebaikan-kebaikan kepadaku benar-benar membuatku berarti dan aku abadikan dalam tulisan-tulisan, sampai seisi dunia tahu dan menjadi saksi kalau kebaikan masih dilestarikan.

Dok | Randi
Momen pertama kali MAKRAB.

Saat menulis catatan sederhana ini beberapa air mata terkadang terjatuh tidak merelakan kepergian, bahkan harus berhenti meneruskan tulisan. Sangat bersyukur diberikan kesempatan belajar dan bertemu kalian, lambat laun air mata ini seperti hujan setiap sore. Tidak terasa memang sudah waktunya berpisah dan meneruskan mimpi-mimpi yang lain. Cerita kalian benar-benar membuatku banyak belajar. Sampai Tuhan kembali merencanakan pertemuan yang paling indah dan penuh makna untuk kehidupan.

Teruntuk kalian yang akan menjadi catatan kedepan, Royhan, Salam, Raya, Rizky, Randi, Faqih, Reyhan, Bang Iqbal, Gibran, Agung, Saba, Ulya, Neza, Nadif, Evi, Rain, Laila, Hatipah, Najwa, Nadia, Alun, Hida, dan Risa maafkan diriku jika selama ini banyak berbuat salah, baik itu disengaja atau tidak disengaja. Dalam hidupku ada beberapa prinsip yang aku pegang, salah satunya setiap tempat pasti ada orang yang tidak suka terhadap diriku dan setiap tempat pasti ada yang suka terhadapku. Untuk siapapun itu, terima kasih atas kebaikan dan keburukan selama ini, akan aku bawa menjadi kenangan proses pendewasaan diri kedepan. Kalian menjadi salah satu guru kehidupan yang terbaik yang aku temukan serta menjadi salah satu saksi kehidupanku di dunia ini.

Dok | Pribadi
Ini beberapa foto perpisahan, meski ada bebrapa yang tidak bisa ikut.

Aku sangat bersyukur dipertemukan dengan kalian. Jika butuh teman cerita berkirim kabarlah kepadaku, mungkin aku bisa memberikan warna-warni lain dikehidupan kalian. Peluk jauh teman-temanku. Rawatlah semangat perjuangan dalam belajar, terus-teruslah konsisten dengan apa yang kalian yakini, karena hanya diri sendiri orang yang paling paham atas keinginan. Tolong sama-sama bertumbuh di dunia ini, sampai memberikan manfaat bagi kehidupan.

Pare, 12 Februari 2023

Posting Komentar

0 Komentar